Lazada Indonesia

Saturday, October 26, 2013

Membuat Title Tag Penting Untuk Blog SEO

Membuat Title Tag
Membuat Title Tag Penting Untuk Membuat Blog SEO. Mengapa demikian ? Apa hubungan antara title tag dengan SEO ? Lalu apa saja indikator Blog SEO ?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan indikator optimasi blog, konten blog dan link di dalamnya terhadap keberadaan sebuah artikel dan media artikel tersebut di mesin pencari (search engine). Banyak indikator penentu terhadap optimasi sebuah blog. Title Tag adalah salah satu dari sekian banyak. (Untuk mengetahui lebih banyak pemahaman SEO dan cara kerja mesin pencari dapat dibaca pada artikel Membuat Blog Lebih Berkualitas Dengan SEO )

Apa itu Title Tag ? Title Tag atau Tag Judul merupakan salah satu tag yang sangat penting meskipun bukan termasuk dalam kategori meta tag. Namun keberadaannya berhubungan dengan meta deskripsi. Mesin pencari seperti google akan mencari seluruh konten di dalam sebuah blog, dan artikel-artikel postingan yang terbaca untuk ditampilkan pada halaman pencarian google bersumber dari tag ini.

Secara teknis, google akan membaca sebuah link disertai dengan judul dari link tersebut. Artinya google akan memastikan apakah judul blog, artikel blog, link antar postingan (url) dengan judul yang memayungi link tersebut memiliki keterkaitan atau tidak. 

Contohnya seperti ini, ada sebuah judul artikel Cara Membuat Breadcrumbs Blog SEO Friendly dengan link url-nya http://portaldinamis.blogspot.com/2013/06/cara-membuat-breadcrumbs-blog-seo-friendly-unik.html. Nah, title tag berfungsi sebagai judul dari link url tersebut. Dengan demikian ketika kursor mouse kita arahkan ke judul artikel tersebut, maka akan muncul tulisan berupa judul dari link di dalam judul artikel tersebut.

Tadi telah disebutkan di atas bahwa title tag sangat penting keberadaannya dalam membuat blog SEO, meskipun tidak masuk dalam kategori meta. Hubungannya adalah bahwa google akan mencari judul dari setiap link di dalam sebuah blog, baik link internal, link eksternal, maupun gambar. Title tag atau Tag Judul akan memberikan informasi dan identitas dari link tersebut. Semakin banyak identitas link dan gambar serta konten lainnya di dalam sebuah blog atau sebuah artikel, semakin memudahkan google merayapi dan memastikan sinkronisasi antar faktor maupun indikator di dalamnya, dan semakin cepat pula blog atau artikel kita tampil di halaman-halaman awal mesin pencari (Untuk mengetahui apa saja faktor yang perlu diperhatikan untuk keberhasilan SEO sebuah blog dapat dibaca pada artikel Membuat Blog SEO Harus Memperhatikan Hal Berikut

Salah satu situs yang bisa mengetahui seberapa banyak link di dalam blog yang memiliki identitas, termasuk gambar yang harus memiliki deskripsi masing-masing, yaitu chkme.com. Pada SEO checker tersebut akan terlampir dengan jelas berapa jumlah link baik internal maupun eksternal di homepage maupun di halaman artikel kita. Juga akan diketahui seberapa banyak jumlah gambar (image), dan seberapa banyak link dan gambar yang memiliki identitas yang jelas yang diwakili oleh Title Tag atau Tag judul. Bila mencapai 100%, maka bisa dipastikan bahwa blog kita sudah memenuhi syarat SEO untuk title tag seluruh link di dalam blog. Semakin tinggi persentase keberhasilan penerapan Title Tag, akan sangat mendorong nilai SEO blog kita selain indikator-indikator yang lain. Blog Dinamika masih menggunakan indikator penilaian dari situs ini.


Nah, bila sobat ingin mengakali salah satu cara membuat blog SEO, maka optimasi title tag ini bisa dijadikan referensi. Selamat mencoba.

0 komentar :

Post a Comment