Lazada Indonesia

Friday, November 1, 2013

Memasang Widget Blog Menarik Di Blogspot

Widget Blog
Sebuah blog terasa kurang pas atau kurang menarik bila tampilannya tidak dimodifikasi atau ditambahkan sesuatu yang bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung blog agar betah berlama-lama di blog kita.

Beberapa waktu yang lalu blog Dinamika telah mengulas cara membuat blog dengan tampilan menarik menggunakan widget sederhana. Banyak macam atau cara yang bisa digunakan untuk memperindah tampilan blog. Memperindah atau mempercantik tampilan blog dimaksudkan untuk menjadi daya tarik bagi pengunjung blog, sehingga meskipun mereka belum tahu sebagus apa konten di dalam log kita, namun begitu mereka masuk ke blog mereka menjadi betah berlama-lama surfing di blog kita. Memang belum tentu konten atau artikel yang ingin mereka cari terdapat di dalam blog kita, namun karena menariknya tampilan blog membuat mereka nyaman.

Memperindah atau membuat tampilan blog kita menjadi menarik dapat dilakukan dengan menambahkan widget, tergantung widget apa yang kita inginkan agar bisa mewakili konten blog kepada pengunjung blog. 

Widget blog dalam pengertian internet merupakan sekumpulan kode portabel (dalam bentuk DHTML/HTML, Javascript, Flash) yang dipasang pada kolom-kolom yang disediakan pada sidebar (bisa di samping kiri/kanan, di atas ataupun di bawah kolom utama yaitu artikel) pada suatu halaman web. 

Widget blog yang berisi kode-kode portabel tadi dapat dipasang melalui halaman template editor, disesuaikan dengan keberadaan kode-kode yang menentukan letak dan konten blog secara keseluruhan. Namun sebagian blogger ada juga yang memasang widget dengan memasukkan kode-kode penyusun widget tersebut melalui penambahan elemen widget yang disediakan sebagai fitur otomatis blog.

Contohnya twitter widget, yang merupakan sebuah web social media (jejaring sosial). Sambil blogging namun agar tetap terhubung dengan komunitas yang kita miliki di twitter, dan sekaligus membagi informasi yang kita punya di blog ke teman-teman dan jaringan kita di twitter, kita dapat memasang kode-kode widget twitter kita di blog. Sama juga halnya dengan membuat blog yang berupa social media blog, selain kita harus modifikasi tampilan templatenya agar sesuai dengan sebuah blog jejaring sosial pada umumnya, juga perlu menambah kode-kode untuk widget tertentu yang bisa menghubungkan isi blog tersebut dengan keinginan pengunjung blog.

Cara membuat blog dengan tampilan menarik dilakukan dengan modifikasi tampilan atau template dan lay out serta penambahan widget. Penggunaan template dan widget dapat dilakukan dengan menggunakan template bawaan dan fitur yang tersedia dari provider tersebut (bawaan), namun dapat juga mendownload dan menginstal kodenya dari provider atau penyedia lain. Dengan kata lain, sebuah blog atau web dapat menggunakan kode widget blog yang sama dengan blog-blog lain dari provider yang sama.

0 komentar :

Post a Comment